Sisi lain dari sebuah pengabdian


Foto by Reza Natadipura
Duki Ramlan, Seorang pria paruh baya yang tak pernah letih dalam usaha dan doa. Lahir di Cirebon 14 Agustus 1954, beliau adalah seorang CS di salah satu Universitas terkemuka di bandung. Datang merantau ke bandung dengan penuh suka dan duka demi menghidupi keluarga.

Sudah lama beliau tinggal di Bandung, tepatnya di jl. Sekemiru C34 RT 03 RW 10 Cibening Kaler kec. Cigadung. Setiap pagi beliau selalu terbangunkan oleh jeritan tanggung jawab seorang kepala keluarga, demi menghidupi istri dan ke- 5 anaknya yang masih bersekolah; 1 (smp) dan 4 (sma), beliau pun harus rela banting tulang hingga retak. Sebelum pergi bekerja menuju Universitas, sambil berolahraga menaiki sepedanya beliau menyempatkan menjadi looper koran demi mendapatkan uang tambahan. “Maklum, gaji sebagai CS tidaklah seberapa,“ ujar beliau.

Beliau sudah mengabdi 21 tahun lamanya kepada Universitas tersebut. Dengan gaji Rp. 740.000 perbulan (termasuk lembur) dan tunjangan hari raya sebesar Rp.250.000 sudah membuat beliau cukup senang bekerja di sana. Baginya dapat membiayai anak-anak sekolah dan memberi makan keluarga sudah cukup.

Awalnya, pada tahun 1995, beliau hanya dibayar kurang lebih Rp.25.000/bulan. Namun hal tersebut bukan hambatan bagi beliau untuk tetap menghidupi keluarga. Baginya hal tersebut sudah cukup, melihat latar belakang pendidikan beliau yang hanya tamat sampai SD membuat beliau mawas diri. Ini bukan lagi fenomena pendidikan formal itu penting, namun satu hal yang terpenting adalah seberapa besar dan kuat usaha kita dalam menjalaninya. 

Duki Ramlan
Ada beberapa hal yang tidak diketahui orang banyak, beliau bekerja dengan tulus tanpa ada rasa terpaksa. Ada kalimat terakhir yang beliau katakan, “saya hanya berharap universitas ini bisa lebih baik dan maju, walaupun tidak dengan saya.” dan hal ini memberikan sebuah arti yang berbeda dalam pengabdian.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Sisi lain dari sebuah pengabdian ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 17 Maret 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Sisi lain dari sebuah pengabdian
 

0 komentar: